Santri Dayah Ini Dapat Gaji Rp 25 Juta Setiap Bulan

SUARADARUSSALAM.COM -- Percaya atau tidak, Teungku Muhammad Zikri, santri di Dayah Babussalam Al-Aziziyah Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bir...


SUARADARUSSALAM.COM -- Percaya atau tidak, Teungku Muhammad Zikri, santri di Dayah Babussalam Al-Aziziyah Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen ini kini rutin menerima gaji sebesar Rp 25 Juta setiap bulannya. Selain itu, mantan ketua Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA) ini kini juga telah memiliki 1 Mobil Honda Jazz Rs Putih tahun 2013 dan beberapa petak sawah di kampung halamannya Beureunuen, Kabupaten Pidie.

Selain aktif mengajar dan belajar di dayah, laki-laki yang bukan sarjana ekonomi  ini membangun perusahaan penyedia aplikasi/server untuk memfasilitasi transaksi pelanggan dari perusahaan-perusahaan, koperasi atau komunitas yang melayani pembayaran  PLN, Telkom, PDAM dan lain-lain di bawah jaminan Bank Syariah Mandiri (BSM). Bisnis ini sekarang lebih dikenal dengan Payment Poin Online Bank.  
Lewat bisnis secara online inilah Tgk Muhammad Zikri menerima gaji itu. Semua bisnis ini dikelolanya di Dayah Babussalam, tepatnya dalam ruang kamar/biliknya di dayah tersebut.
Minggu, 17/11/2013 yang lalu kami berkesempatan mewawancarainya di Jeunieb, Bireuen. Berikut petikannya:

Bagaimana cerita awal anda merintis bisnis tersebut, bisa diceritakan sedikit?
Sebenarnya ini bukanlah bisnis pertama. Saya sudah pernah menjalankan beberapa bisnis lainnya sebelum ini mulai dari bisnis server pulsa all operator dengan menggunakan 1 unit pc dan 1 unit laptop hingga berusaha menjadi distributor M-Kios Telkomsel walaupun hanya pernah diberikan pasar untuk 1 kecamatan saja.
Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan dari bisnis sebelumnya terutama management keuangan dan lainnya.
Tgk Muhammad Zikri
Lalu?
Lalu, setelah 6 bulan saya bergerak dibisnis server pulsa, bisnis saya minus dan saya berhenti di bisnis server pulsa dan sempat off selama 3 bulan dan harus menyelesaikan perjanjian bisnis dengan beberapa pemilik saham, karena saya mencari modal dengan menawarkan saham kepada beberapa orang yang saya anaggap mampu.
Setelah itu saya mulai menganalisa penyebab mengalami kerugian  dan mulai merintis bisnis tanpa modal. Untuk tahap awal saya bermitra dengan perusahaan tertentu. Pada akhirnya, suatu hari saya mencari peluang bisnis di internet dan saya temukan berita bahwa PLN akan segera menutup pembayaran pelanggan di kantor-kantor PLN dan semuanya diserahakan kepada bank yang bekerjasama dengan PLN.
Setelah itu saya pelajari bagaimana sistem pembayaran yang akan disiapkan oleh Bank dan saya terus menganalisa peluang ini akhirnya saya temukan beberapa perusahaan telah bekerjasama dengan bank untuk menjadi provider dengan menyiapkan fasilitas transaksi yang dijamin oleh bank tertentu.

Bagaimana sebenarnya cara kerja bisnis anda? Bergerak di bidang apa?
Sebenarnya ini privasi bisnis kami, tapi walaupun demikian saya jelaskan sedikit saja, perusahaan kami adalah penyedia Aplikasi/server untuk memfasilitasi transaksi pelanggan dari perusahaan-perusahaan, koperasi atau komuniktas yang melayani pembayaran  PLN, Telkom, PDAM dan lain-lain dibawah jaminan Bank Syariah Mandiri. Sekarang lebih dikenal dengan Payment Poin Online Bank. Maka saat ini seluruh perusahaan yang menggunakan aplikasi pembayaran dari BSM maka mereka otomatis menjadi mitra kami karena mereka menggunakan aplikasi yang kita siapkan.

Lalu, bagaimana ceritanya anda membangun kerjasama dengan BSM?
Setelah mempelajari dengan baik sistemnya, saya mencoba mencari celah untuk bisa bekerjsama dengan Bank Syariah Mandiri. Singkat cerita, akhirnya proses kerjasama dengan BSM berhasil dan kami membuat MOU kerjasama untuk melayani beberapa pembayaran dengan Sistem Online via Aplikasi, H2H dan lain-lain.

Bagaimana anda membangun relasi yang cukup luas ini, bagaimana strategi anda dalam berkomunikasi degan pelanggan atau jaringan anda?
Sebenarnya keberhasilan ini adalah awal dari kesuksesan apapun bisnisnya (bagi teman2 yang ingin mengetahui lebih lanjut strateginya silahkan hubungi kami hehhe), ya Alhamdulillah dengan Jaminan BSM kami menawarkan Aplikasi/server kami ke perusahaan-perusahaan yang sudah memilki banyak mitra kerjanya sehingga mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Luar biasa, anda ingin mengajak teman-teman lain bergabung dalam bisnis ini?
Tentu saja. Bagi anda yang memilki perusahaan minimal CV dan ingin mencoba bisnis ini dengan menggunakan aplikasi/sistem pembayaran kami dibawah control BSM silahkan hubungi kami nanti akan kami siapkan server dan aplikasi dengan benner dan nama perusahaan anda di Aplikasi yang akan digunakan oleh Mitra Anda. No HP saya 085213676469 atau bisa juga ke amail elzikri@yahoo.co.id.
Foto: Tgk Muhammad Zikri sedang mengajar dalam ruangan kelas di Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb, Bireuen

Baik, insya Allah. Semoga semakin banyak yang bergabung. Ohya, anda kan santri dan juga terlibat sebagai dewan guru pengajar did ayah, lalu bagaimana anda menyiasasti waktu mengajar di dayah dengan menjalankan bisnis ini?
Mungkin ini menjadi tanda tanya semua orang ya hehehe. Begini, tugas saya hanya memonitoring transaksi serta memperbaiki kualitas transaksi antara PLN, Telkom, PDAM dan beberapa perusahaan lain dengan BSM, jadi saya tidak butuh banyak waktu kecuali tgl 1-5 awal bulan saja untuk pelimpahan data ke PT. BSM selebihnya untuk menimba ilmu.
Apa saja yang sudah anda dapatkan dari bisnis ini, berapa penghasilan anda dari bisnis ini setiap bulannya?
Apakah ini perlu untuk saya jawab? Hehehe. Yah boleh juga untuk memotifasi teman-teman lain. Saat ini alhamdulillah perusahaan saya mendapatkan pembagian keuntungan dari BSM diatas Rp 25.000.000 setiap bulannya. Dan alhamdulillah sekarang saya juga telah memiliki 1 Mobil Honda Jazz Rs Putih tahun 2013 dan beberapa petak sawah. Saya berharap semua ini semoga bermanfaat di dunia dan akhirat. Amiin
Ohya, darimana anda belajar berbisnis seperti ini? apakah anda dilahirkan dari keluarga pebisnis?
Saya dilahirkan dari keluarga biasa dan sederhana, saya belajar bisnis ini dari diri sendiri hehehehe. Saya belajar dari pengalaman sebelumnya.

Apa rencana ke depan?
Rencana kami kedepan perusahaan kami bias melayani semua transaksi, kami juga berancana meloby seluruh PDAM yang ada di setiap kabupaten di Aceh untuk bekerjsama dengan kami, rencana kedepan juga menambah service seperti layanan Umrah plus Yaman dan penjualan tiket pesawat yang bias live di Aplikasi Kami.

Ohya, apakah anda sudah berkeluarga?
Hahahaha, belum. Do'akan saja semoga segera mendapatkan jodoh yang baik hati, hahahaha.. (teuku zulkhairi)

Related

Wawancara 6080356646364626527

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item