Membumikan Zakat Melalui "Eumpang Breuh"

“ Seingat saya, di antara film Eumpang Breuh yang sudah mencapai belasan edisi, film Zakeut ini paling berkualitas. Selain gambarnya l...


Seingat saya, di antara film Eumpang Breuh yang sudah mencapai belasan edisi, film Zakeut ini paling berkualitas. Selain gambarnya lebih bagus juga tidak goyang alias stabil. Kemudian film ini juga punya alur cerita yang jelas,”
---- Lailatussa’adah, dosen UIN Ar-Raniry
 
SEBUAH terobosan dilakukan Baitul Mal Aceh dalam upaya menyosialisasikan zakat kepada masyarakat. Lembaga resmi pengelola zakat di Provinsi Aceh ini, menggandeng kelompok komedi terkenal di Aceh, Eumpang Breuh, untuk menyosialisasikan kewajiban membayar zakat, serta manfaatnya bagi umat. 
Film yang dikemas dalam bentuk komedi dengan judul “Zakeut” ini diproduksi bersama atas kerja sama Baitul Mal Aceh, Bank Aceh Syariah, Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI), serta Din Kramik Production. 

Sesuai dengan harapan, film yang diluncurkan di sela-sela kegiatan Pelatihan Akuntansi Zakat yang diikuti bendahara Baitul Mal se-Aceh, di Oasis Hotel, Banda Aceh, Kamis (10/10/2013) malam ini, mendapat sambutan antusias dari berbagai kalangan. 

“Seingat saya, di antara film Eumpang Breuh yang sudah mencapai belasan edisi, film Zakeut ini paling berkualitas. Selain gambarnya lebih bagus juga tidak goyang alias stabil. Kemudian film ini juga punya alur cerita yang jelas,” kata Lailatussa’adah, dosen IAIN Ar-Raniry kepada Suara Darussalam, akhir Oktober lalu. 

Kolektor naskah kuno Aceh, Tarmizi A Hamid pun tak urung mengapresiasi langkah Baitul Mal Aceh menyosialisasikan zakat melalui film. “Ini merupakan terobosan luar biasa dan akan semakin memperkuat sosialisasi yang telah banyak dilakukan melalui media cetak, spanduk dan baliho,” ujarnya di sela-sela peluncuran EB Zakeut, di Oasis Hotel, Kamis malam (10/10/2013) lalu.
Tarmizi menambahkan, pemilihan grup Eumpang Breuh sebagai partner juga akan sangat efektif untuk menyosialisasikan zakat kepada berbagai kalangan, termasuk anak-anak selaku generasi harapan bangsa dan agama. 

Peluncuran
Acara peluncuran dan nonton bareng film komedi “Zakeut” di Oasis Hotel, dihadiri anggota Dewan Pertimbangan Syariah (DPS) Baitul Mal Aceh, Dr Islahuddin dan Adiwani Direktur Syariah Bank Aceh, Haizir Sulaiman, serta produser dan bintang Eumpang Breuh, seperti Pak Salam Pasar Pagi dan Him Morning.

Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa dalam sambutannya mengatakan, pembuatan film ini disponsori oleh Bank Aceh Syariah, dengan tujuan menaksimalkan sosialisasi zakat ke semua kalangan, termasuk anak-anak yang selama ini jadi segmen penonton film Eumpang Breuh.

“Hanya saja pihak bank membiayai sampai selesainya proses pembuatan atau mastering. Sedangkan untuk penggandaan dan distribusinya dilakukan dengan biaya pihak swasta yakni Din Kramik yang kemudian menjualnya dengan harga ekonomis,” kata Armiadi.

Sementara itu, produser Din Kramik, H Khairuddin mengatakan, film ini dirilis ke pasar pada, Jumat (11/10/2013) malam. “Syukur Alhamdulillah, kami sangat berbahagia bisa ikut terlibat dalam menyosialisasi kewajiban zakat. Meski dikemas dalam bentuk komedi, tapi film ini sangat sarat pesan-pesan agama dan moral,” kata Khairuddin.

Pemutaran perdana film ini berlangsung meriah. Puluhan peserta pelatihan akuntansi zakat tampak tertawa lepas menikmati scene pe scene film. Selain dibintangi oleh pentolan Eumpang Breuh seperti Haji Umar, Bang Joni, Mando, dll.

Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf, wartawati Serambi Indonesia, Nani HS, runner up kontes ‘World Muslimah 2013’ Evawani Efliza, serta para wartawan yang bergabung dalam Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI).(irfan m nur)

Peserta pengajian KWPSI Berfoto bersama Tim Eumpang Breuh seusai shoting Film Sosialisasi Zakat

Related

Baitul Mal Aceh 584732514550808647

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item