PD Pontren Kanwil Kemenag Evaluasi Pelaksanaan Ujian Paket di Dayah

Banda Aceh – Seksi Pendidikan Diniyah Formal dan Kesetaraan Bidang Pendidikan Diniyah (PD) Pondok Pesantren (Pontren) Kanwil Kementeri...

Banda Aceh – Seksi Pendidikan Diniyah Formal dan Kesetaraan Bidang Pendidikan Diniyah (PD) Pondok Pesantren (Pontren) Kanwil Kementerian Agama Prov. Aceh sukses menyelenggarakan kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor) dan Evaluasi, Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Tahun 2014. 

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 24 sampai dengan 26 Maret ini 2014 ini berlangsung di Oasis Aceh Hotel, Jl.Tgk.Imum Luengbata, Banda Aceh dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang berasal dari kepala seksi PD Pontren/Pakis/Pendis, operator Kabupaten/Kota dan penyelenggara UNPK pada Pondok Pesantren di Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh.

Ketua panitia acara Rakor, Teuku Zulkhairi, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dibuat untuk mengevaluasi kesiapan pelaksanaan UNPK.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk terindentifikasinya berbagai permasalahan, hambatan dan kendala serta kesiapan Pelaksanaan UNPK Paket A/Ula, Paket B/Wustha, Dan Paket C Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Tahun 2014 di Kabupaten/Kota dan mencari solusi penyelesaian secara terpadu dan menyeluruh”, ujarnya.

“Narasumber pada kegiatan rapat kordinasi ini berasal dari unsur Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh dan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh”, katanya lagi menambahkan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag yang diwakili Plh kepala, Drs. H. Abrar Zym, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi Kemenag dalam
Memperkuat pondok pesantren di Aceh khususnya.

“Kemenag lewat Bidang PD Pontren  mempunyai tugas sebagai pelayanan Penjabaran dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pendidikan keagamaan, pendidikan salafiyah, kerja sama kelembagaan, pengembangan potensi pondok pesantren, pengembangan potensi santri, dan pelayanan pondok pesantren pada masyarakat”, ujarnya.

Abrar Zym menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan hari ini oleh Kementerian Agama merupakan salah satu bentuk usaha dan kontribusi Kemenag dalam meemperkuat kontribusi pesantren dengan menyesuaikan pendidikan para santrinya agar sesuai dengan kebutuhan dunia yang dinamis.

“Tujuannya adalah untuk penguatan peran pesantren dalam menampilkan nilai-nilai positif dari pesantren ke dalam kehidupan masyarakat dan bangsa”, pungkasnya.

Para peserta rakor mengikuti kegiatan dengan khidmat dan memberi laporan kesiapan pelaksanaan UNPK di kabupaten/kota masing-masing. Selain mengikuti acara, para peserta juga mendapatkan buku panduan materi Wajardikdas yang dibagi panitia sesuai acara.(tz)

Related

PENDIDIKAN 3185669702260613816

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Laman

Adv

item