27 Mahasantri Ma’had Aly Malikussaleh Aceh Utara Diwisuda

Wisudawan dan Wisudawati Mahasantri Ma'had Aly Malikussaleh Aceh Utara Aceh Utara - Ma’had Aly Malikussaleh Kecamatan Pant...

Wisudawan dan Wisudawati Mahasantri Ma'had Aly Malikussaleh Aceh Utara
Aceh Utara - Ma’had Aly Malikussaleh Kecamatan Panton Labu Aceh Utara mewisuda sebanyak 27 Mahasantri yang telah lulus di Ma’had tersebut pada Minggu  20 April 2014 di aula Dayah Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara. Selain acara wisuda, juga dilangsungkan acara do’a bersama untuk almarhum Abu Panton yang di pimpin oleh Abu Usman Kutakreung(Abu kuta ).

Dalam sambutannya mudir Ma’had Aly Malikussaleh, Tgk Muhammad Zuhdi, Lc, MA menyampaikan bahwa 27 orang mahasantri yang lulus dari Ma’had Aly Malikussaleh ini terdiri dar 17  wisudawan dan  10 wisudawati. Mereka terdiri dari para dewan guru, kelas tautiah yang telah menyelesaikan program Ma’had Aly. Oleh sebab itu, dengan wisuda perdana ini dapat melahirkan minat dan karya tulis ilmiyah  melalui skripsi sebagai tugas akhir bagi mahasantri Malikussaleh  dan juga dapat di ikuti oleh mahasantri yang lain.


“Dengan wisuda ini akan menjadi tonggak awal dalam perkembangan pemikiran santri dalam mengembangkan karya tulis ilmiyah”, ujar Tgk Muhammad Zuhdi yang merupakan alumnus Universitas al-Azhar ini.

Tgk Muhammad Zuhdi juga mengatakan,  bahwa wisuda ini adalah mengwujudkan cita cita dan program almarhum Abu Panton dimana dikala beliaa masih hidup  agar program Ma’had Aly  berjalan sampai selesai dengan wisuda.

“Dan hari ini, 20 April 2014,  kami telah mencapai cita-cita almarhum abu, yaitu melangsung acara Wisuda perdana yang bertepatan dengan Haul Dayah Malikussaleh yang ke 39”, pungkas Tgk Muhammad Zuhdi.

Dalam kesempatan yang sama,  sambutan juga disampaikan oleh perwakilan pimpinan, yaitu Tgk H Baihaqi Yahya S.HI yang biasa dipanggil Baba, bahwa pelaksanaan acara sebagai wujud dari harapan Abu Panton di masa hidupnya yang telah bersusah paya merintih lahirnya Ma’had Aly  di bumi Aceh dan sudah sepantasnya kita mendudungnya.
“Abu Panton dulu berpesan, bahwa dayah Salafiyah Malikussaleh kiranya juga dapat dipertahankan sampai akhir zaman”, pungkas Baba.

Sementara itu, Dr. Nasrullah M.Ag, Dosen STAIN Malikussaleh, dalam orasi ilmiahnya mengatakan tentang pentingnya peranan Ma’had Aly sebagai dayah lanjutan  bagi  santri  dan mahasantri  dimana mahasantri dituntut  mampu berkiprah dalam masyarakat dan dapat melahirkan karya karya ilmiyah yang akan melahirkan ijtihad baru terhadap masalah hontemporer. Beliau percaya dayah dan Ma’had akan Aly mampu melakukannya.

Selain dihadiri oleh seribuan santri dan masyarakat, acara wisuda tersebut dihadiri oleh alumni Dayah Malikussaleh, juga di hadiri oleh Ketua DPRK Aceh Utara, Tgk Jamaluddin. (tz)

Related

PENDIDIKAN 5451493492188450745

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item