Perolehan Suara Parpol Islam Terbesar Dalam Sejarah

JAKARTA -- Hasil hitung cepat menyatakan, gabungan lima parpol Islam mendapat suara di atas 30 persen. Sayangnya, hanya empat parpol yan...

JAKARTA -- Hasil hitung cepat menyatakan, gabungan lima parpol Islam mendapat suara di atas 30 persen. Sayangnya, hanya empat parpol yang lolos elektoral threshold, yaitu PKB, PAN, PPP, dan PKS.

Adapun, PBB diprediksi gagal melaju ke senayan lantaran hanya memperoleh suara satu persen. Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Fachry Ali mengatakan, pencapaian parpol Islam di luar prediksi semua pihak.

Dia menyatakan, perolehan di atas 30 persen itu merupakan yang tertinggi sejak Pemilu 1955 pada era Orde Lama. Pada Orde Baru, kata dia, pencapaian parpol Islam sangat tidak menggembirakan lantaran dikebiri pemerintah.

Pun ketika era Reformasi di Pemilu 1999, 2004, dan 2009, gabungan mereka tidak mampu menembus angka psikologis itu. "Ini di luar prediksi semua pengamat dan lembaga survei. Belum pernah dalam sejarah sejak Orde Baru, gabungan parpol Islam melebihi 30 persen," kata Fachry ketika dihubungi, Jumat (11/4).

Menurut dia, parpol Islam sekarang sangat mungkin sedang mendapat limpahan berkah. Itu lantaran parpol nasionalis sedang dirundang banyak masalah. Akhirnya, massa yang tidak puas mencoba untuk menggantungkan harapan ke parpol Islam.

Karena itu, ia berharap fenomena yang baru terjadi tersebut dapat dimaksimalkan lima pimpinan parpol Islam. "Kepercayaan publik sedang tinggi. Momentum sentimental ini sebuah perkembangan mengejutkan yang harus mampu dimanfaatkan untuk memposisikan diri lebih baik dengan masyarakat," kata Fachry.

Sumber: ROL

Related

Politik 7884747569937539269

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item