Di Bandara SIM, Informasi Penerbangan Akan Dipakai Bahasa Aceh

Ilustrasi pesawat mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar | Foto: tribunnews.com Bandara Internasio...

Ilustrasi pesawat mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar | Foto: tribunnews.com
Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, mulai tahun 2015 akan memasukkan bahasa Aceh, sebagai informasi penerbangan pada terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang.

Hal itu disampaikan Kepala Cabang PT Angkasa Pura II, Slamet Samuaji SKom, dalam sambutannya membuka pelatihan mitra binaan PT Angkasa Pura II, di Hotel Sultan, Banda Aceh, Senin (19/5).
Menurutnya, selama ini bahasa informasi penerbangan yang baku digunakan di hampir semua bandara di Indonesia hanya bahasa Indonesia dan Inggris.

Lalu, sebagai bentuk memperkenalkan identitas daerah dan kearifan lokal, bahasa Aceh dinilai perlu dimasukkan sebagai salah satu bahasa informasi penerbangan di Bandara SIM, sekaligus mempopulerkan bahasa Aceh secara luas, terutama bagi penumpang yang tiba di bandara. “Bandara SIM sebagai gerbang masuk ke Aceh, untuk saat ini terus berbenah mewujudkan bandara agar dikenal luas di internasional,” ujarnya.

Ia menyebutkan tahun 2013 Bandara SIM, meraih peringkat tiga bandara terbaik nasional dari 24 bandara se-Indonesia di bidang service, safety, security, dan pelayanan pemberangkatan dan kedatangan penumpang. “Kami tengah mengupayakan 2015 ini penanganan pemberangkatan umrah bisa langsung dari Bandara SIM ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, tanpa harus transit di bandara lain,” ungkap Slamet.

Karena itu, ia meminta dukungan masyarakat mampu menjaga Bandara SIM, mulai tidak melepaskan ternak, lokasi bermain layangan dan memotong rumput di sekitar runway (landasan pacu), sebab tindakan itu bisa berdampak terganggunya penerbangan.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II juga menggelar pelatihan bagi pelaku usaha mikro. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin itu menitikberatkan pada peningkatan kapasitas pelaku usaha kecil menengah (UKM) sebagai mitra binaan PT Angkasa Pura II agar tumbuh dan berkembang dalam usahanya.


Related

Dunia 7349521581250673899

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item