Lomba Baca Kitab Kuning dan Debat Bahasa Arab Akan Diselenggarakan di Banda Aceh

Drs H Rusdy Hamzah Banda Aceh - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh akan menyelenggarakan lomba seleksi Musab...

Drs H Rusdy Hamzah
Banda Aceh - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh akan menyelenggarakan lomba seleksi Musabaqah Qiraatil Kutub  ke V pada tanggal 19 sampai dengan 21 Juli 2014. Kegiatan ini dipusatkan di SMKN 3 Banda Aceh.  

Hal itu disampaikan oleh Drs. H. Rusdy Hamzah, ketua Panitia Musabaqah sekaligus Kepala seksi Pondok Pesantren Bidang PD Pontren Kanwil Kementerian Agama Prov. Aceh, Rabu, (16/7) di Banda Aceh.

Menurut Rusdy Hamzah, musabaqah ini dibuat dalam rangka menyeleksi santri yang akan mewakili Aceh pada even Musabaqah Qiraatil Kutub  ke V tingkat nasional yang kali ini akan diselenggarakan di Provinsi Jambi pada tanggal 1 sampai dengan 9 September 2014 mendatang.

“Jumlah peserta yang akan mengikuti seleksi Musabaqah Qiraatil Kutub  ini adalah sebanyak 207 orang santri yang berasal dari berbagai pondok Pesnatren dari seluruh kabupaten/kota di Aceh”, ujar Rusdy.

Para peserta yang dikelompokkan ke dalam tiga marhalah (tingkatan), yaitu Marhalah Ula, Marhalah Wustha, dan Marhalah Ulya ini akan mengikuti dua jenis perlombaan yaitu lomba baca kitab kuning dan debat bahasa Arab.

“Kitab yang diperlombakan misalnya Ta’lim Muta’lim, Ihya Ulumuddin mata pelajaran akhlak, Jauhar al-Maknun mata pelajaran Balaghah, Fathul Mu’in mata pelajaran Fiqh, Tafsir Ibnu Katsir dan sebagainya”, kata dia lagi.

Sementara itu, kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag yang juga penanggung jawab acara, Abrar Zym, S.Ag berharap agar seleksi ini betul-betul berkualitas dan professional sehingga Aceh akan bisa mengirimkan peserta terbaiknya di even nasional.

“Dengan lomba dan seleksi yang professional, kita berharap Aceh akan meraih prestasi gemilang di even nasional nanti”, ujar Abrar Zym. [Zulkhairi]



Related

PENDIDIKAN 6306146600770130282

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item