Turki Kembali Luncurkan Freedom Flotilla II untuk Buka Blokade Gaza

Sebuah kelompok bantuan Turki mengatakan pada Senin (11/8) akan mengirim kapal lagi ke Jalur Gaza dalam Misi Freedom Flotilla II untuk ...

Sebuah kelompok bantuan Turki mengatakan pada Senin (11/8) akan mengirim kapal lagi ke Jalur Gaza dalam Misi Freedom Flotilla II untuk blokade Gaza.

Ini merupakan aksi lanjutan Freedom Flotilla I, yang mencoba membuka blokade Israel atas wilayah Palestina di Jalur Gaza, sekitar empat tahun silam. Waktu itu, pasukan komando Israel menyerbu armada kapal yang menewaskan 10 orang, sebagian besar warga Turki.

Insiden tersebut merenggangkan hubungan diplomatik antara Turki dan Israel, sekutu dekat Timur Tengah. Tetapi hubungan tegang sejak akhir 2008, seperti dilaporkan World Bulletin, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki IHH mengatakan, para aktivis pro-Palestina dari 12 negara telah bertemu di Istanbul, Turki,  akhir pekan lalu, dan memutuskan untuk memulai konvoi lanjutan menantang agresi Zionis Israel di Gaza.

“Gabungan Armada Kebebasan, dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat sipil, bergerak untuk menantang blokade Israel di Gaza,” bunyi laporan IHH.

Sembilan warga Turki tewas Mei 2010 di perairan internasional setelah tentara Israel menyerbu kapal mereka, Mavi Marmara, yang memimpin armada untuk memecahkan tujuh tahun blokade Israel di Gaza.

Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan, yang Ahad lalu terpilih sebagai presiden, paling keras mengecam agresi Israel ke Jalur Gaza. (MINA)

Related

Luar Negeri 7976871809990885915

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item