"Ideologi Sekuler Inlander (Kampungan) Dalam Kasus Susi Merokok"

 Oleh  @malakmalakmal (twitter) 01. Saya ingin bahas soal fenomena #SekulerInlander . Ini fenomena yg sdh cukup lama saya perhatikan. 02...

 Oleh  @malakmalakmal (twitter)

01. Saya ingin bahas soal fenomena #SekulerInlander. Ini fenomena yg sdh cukup lama saya perhatikan.

02. #SekulerInlander itu ya sifatnya orang2 sekuler bermental inlander. Kampungan, gitu deh kurang lebihnya.

03. Walaupun saya anti sekali dgn sekularisme, tapi banyak org sekuler yg msh bisa dihormati. Kalo #SekulerInlander sih nggak.

04. Yg namanya #SekulerInlander itu ya pelakunya adalah org2 bermental inlander yg jd sekuler krn ikut2an.

05. Indonesia, krn pernah dijajah, jg banyak diisi oleh kaum #SekulerInlander ini.

06. OK, supaya lebih jelas, kita langsung masuk ke contoh kasus ya. #SekulerInlander

07. Dlm hal ini sy ingin jadikan dialektika seputar Bu Menteri Susi dan rokoknya. Dialektikanya, bukan rokoknya! #SekulerInlander

08. Dari perspektif org2 beriman, kasus ini sebenarnya telah menunjukkan kegamangan sekularisme. #SekulerInlander

09. Bagaimana sekularisme menyikapi kebiasan merokok? Dlm hal ini, biasanya ya dianggap sbg pilihan masing2. #SekulerInlander

10. Bagi org2 sekuler, kita tdk perlu mengurusi kebiasaan org lain. Jangankan merokok, mabuk dan zina pun dibiarkan. #SekulerInlander

11. Tapi pada akhirnya, sekularisme mentok jg. Tdk segala hal bisa dianggap urusan privat seseorang. #SekulerInlander

12. Di negara2 sekuler, sudah biasa org mengkritik pejabat publik yg memperlihatkan kebiasaan buruk. #SekulerInlander

13. Obama dikritik krn merokok, padahal nggak pernah terlihat merokok di dpn publik. http://theweek.com/article/index/200270/why-is-obama-still-smoking #SekulerInlander

14. Demikian pula minum bir, misalnya. Orang Barat biasa minum bir, tp pejabat publik pas disorot kamera ya harus jaim. #SekulerInlander

15. Gonta-ganti pacar, itu biasa bagi org Barat. Tapi kalau Perdana Menteri, ya gak enak diliatnya. http://www.theguardian.com/world/2011/oct/14/berlusconi-scandals-timeline #SekulerInlander

16. Artinya, sekularisme gagal mempertahankan prinsip ‘individualismenya’ sendiri. #SekulerInlander

17. Pd kenyataannya, manusia itu makhluk sosial. Tdk hidup masing2 saja. #SekulerInlander

18. Ketika Anda merokok, bisa dipastikan yg menghisap asapnya bukan Anda sendiri. #SekulerInlander

19. Dan ketika org merokok, bisa dipastikan pula yg menyaksikan bukan dirinya sendiri. #SekulerInlander

20. Bagaimana jika pejabat publik yg merokok? Siapa yg menyaksikan? Brp yg tergoda utk mengikuti? #SekulerInlander

21. Pada akhirnya, masyarakat sekuler di Barat pun mengakui kenyataan bhw mrk harus melindungi anak2 mereka sendiri. #SekulerInlander

22. Mrk tdk mau pejabat publik melakukan hal2 yg tdk baik, agar anak2 mrk tdk meniru. #SekulerInlander

23. Walaupun di sini org2 sekuler mengkhianati ideologinya sendiri, tp di sisi lain bisa kita puji. Msh ada akal sehatnya. #SekulerInlander

24. Nah kalau #SekulerInlander, ini lain daripada yg lain, bahkan lain dari yg sekuler beneran sekalipun.

25. Org2 #SekulerInlander ini biasanya ‘lebih sekuler’ daripada yg beneran sekuler.

26. Di satu sisi, mrk masih beribadah, masih beragama, tp cara berpikirnya bisa jadi nyerempet2 ateis. #SekulerInlander

27. Demi mempertahankan ‘hak2 individu’, apa yg tdk selayaknya dibela pun dibela jg. #SekulerInlander

28. Mungkin supaya kelihatan sekuler 24 karat? Ya bisa saja. Namanya jg #SekulerInlander. Kerjanya cari muka pd ‘majikan’.

29. Di Indonesia, rokok sdh jadi masalah besar. Jangankan anak sekolah, balita saja ada yg merokok. Hebat kan? #SekulerInlander

30. Saking fanatiknya pd rokok, teman saya cerita bhw dia pernah ketemu org yg mau merokok di dlm pesawat. #SekulerInlander

31. Katanya, industri rokok menghidupi banyak org. OK. Tapi rokok membunuh brp org? #SekulerInlander

32. Katanya, industri rokok mendatangkan pemasukan. OK. Lalu kerugian akibat merokok brp? Sdh dihitung? #SekulerInlander

33. Di Barat, aturan2 ketat seputar rokok sudah diterapkan. Merokok itu dibikin susah. #SekulerInlander

34. Malah ada negara yg berwacana agar negaranya dijadikan benar2 bebas rokok. #SekulerInlander

35. Lagi2, sekularisme gagal. Diam2 banyak jg org sekuler yg percaya pada ‘kebenaran absolut’. #SekulerInlander

36. Bhw rokok itu lebih banyak merugikan drpd menguntungkannya, itu sudah pasti benar. Tak terbantahkan. #SekulerInlander

37. Tapi bwt kaum #SekulerInlander, pokoknya dibela terus. Krn kebenaran harus relatif? :)

38. Generasi muda hancur krn rokok, tetap saja rokok dibela terus. Atas nama kebebasan. #SekulerInlander

39. Sudah miskin, kecanduan merokok pula. Makin susah hidupnya. Tapi atas nama kebebasan, rokok harus dibela. #SekulerInlander

40. Kalau bener pake logika, rasionalitas dan fakta2 ilmiah, harusnya semua org sekuler itu anti rokok. #SekulerInlander

41. Kalau mengaku menjunjung tinggi hak2 asasi masyarakat, harusnya semua org sekuler itu anti rokok. #SekulerInlander

42. Tapi ya begitulah dunia sekuler. Ambigu. Mendesak rokok, tapi tdk bisa jg melarangnya. #SekulerInlander

43. Minuman keras jg sama. Sudah jelas merusak, tp masih dibela. Dibenci, tp gak ada yg berani melarang. #SekulerInlander

44. Zina jg sama. Jelas2 biadab, tapi demi hawa nafsu ya dibela juga. Generasi hancur, apa boleh buat. #SekulerInlander

45. Setidaknya, kaum sekuler yg masih berakal msh berusaha mencegah ekses negatif dr hal2 tsb. Tapi #SekulerInlander nggak.

46. Bicara soal #SekulerInlander ini sy selalu ingat pada Sumanto Al Qurtuby. Baca tulisannya di elsaonline.com/?p=3267

47. Dari tulisannya, jelaslah bhw Sumanto lebih dr sekedar. Lihat di paragraf ketiga dari bawah. #SekulerInlander

48. Benar, bagi org sekuler, pelacuran itu sah-sah saja. Tapi siapa yg memperbandingkan pelacur dgn dosen? #SekulerInlander

49. Bahkan org sekuler yg menganggap zina itu boleh pun tak sudi membuat perbandingan demikian. #SekulerInlander

50. Di negeri2 sekuler, meski pelacuran itu legal, tetap saja profesi dosen jauh lbh terhormat. #SekulerInlander

51. Inilah ‘kebenaran absolut’ yg diam2 diyakini di negeri2 sekuler Barat. Tapi #SekulerInlander lebih lebay gayanya.

52. Demi membela apa yg hendak mrk bela, digunakanlah logika2 menyesatkan. #SekulerInlander

53. Kita masuk lagi ke studi kasus. Perhatikan perkembangan wacananya, bukan hanya kasusnya. #SekulerInlander

54. Muncullah gambar seperti ini. #SekulerInlander


55. Jelas, siapa pun yg membuat gambar seperti ini bukan hny melakukan pembelaan, tp jg menunjukkan kebencian. #SekulerInlander

56. Kebencian pada apa? Ya, pada jilbab. Krn sejak awal kasus Bu Susi ini tdk membicarakan jilbab. #SekulerInlander

57. Tdk ada yg mengkritisi Bu Susi krn tdk berjilbab. Memang di Indonesia blm semua berjilbab, sudah pd maklum. #SekulerInlander

58. Yg dikritisi adalah merokok di depan publik. Tapi isunya dibelokkan sedemikian rupa. #SekulerInlander

59.Kemudian, digunakanlah imej Muslimah berjilbab yg kurang baik, yaitu Ratu Atut yg sedang terjerat kasus. #SekulerInlander

60. Ini logika sesat. Membela pencuri ayam dgn mengatakan bhw di kampung sebelah ada yg mencuri kambing. #SekulerInlander

61. Kemudian diambil ‘sepotong imej’ utk merusak citra. Dlm hal ini, yg dirusak adalah citra muslimah berjilbab. #SekulerInlander

62. Jilbab dihadapkan dgn rokok dan tato. Hanya dengan satu sampel. Itu kata kuncinya: SAMPEL! #SekulerInlander

63. Sama saja dgn yg bilang “lebih baik gak berjilbab tp menjaga kehormatan drpd berjilbab tp diam2 bejat.” #SekulerInlander

65. Kombinasi 1: merokok, bertato, pekerja keras. Kombinasi 2: berjilbab, tdk merokok, tdk bertato, tp diduga korupsi. #SekulerInlander

66. Padahal masih banyak kombinasi yg lain. Apa koruptor yg merokok nggak ada? #SekulerInlander

67. Apakah koruptor perempuan itu lbh banyak yg berjilbab atau tidak? Statistik nggak bisa cuma gunakan 1 sampel. #SekulerInlander

68. Kalau bisa pake 1 sampel, boleh dong saya bikin perbandingan begini? Ini contoh aja. #SekulerInlander 


69. Isu lainnya yg hot: tentang pejabat publik yg kata2nya kasar. Muncul jargon: “lebih baik memaki tp tidak korupsi!” #SekulerInlander

70. Inilah #SekulerInlander. Akalnya rusak. Padahal majikan mereka di Barat gak begitu mikirnya.

71. Biarpun sekuler, gak ada yg mengabaikan sopan santun. #SekulerInlander

72. Pernah bayangin Obama bilang “A**hole!” (maaf ini cuma contoh) nggak? Kalo terjadi, pasti rakyat AS ngamuk. #SekulerInlander

73. Padahal warga AS banyak yg sudah biasa mengucapkan kata itu. Tp tetap saja tdk layak bagi pemimpin. #SekulerInlander

74. Coba lihat kenyataan di lapangan. Org Indonesia sudah tdk lagi terbiasa bicara santun. #SekulerInlander

75. Di Twitter, ada kelompok2 yg suka caci maki, bahkan kalau sdh mentok debat ujung2nya kirim gambar porno. #SekulerInlander

76. Di sekolah2, generasi muda sdh jadi korban bullying. Kekerasan fisik & verbal dimana2. #SekulerInlander

77. OK, korupsi itu masalah besar. Tapi kekerasan fisik & verbal jg sdh jadi masalah besar di Indonesia. #SekulerInlander

78. Jadi, kalau ada yg bilang pejabat gpp maki2 asal gak korupsi, itu artinya dia gak peduli negeri ini rusak. #SekulerInlander

79. Orang2 #SekulerInlander ini berusaha begitu keras utk jd sekuler sehingga mrk melampaui batas sekularisme itu sendiri.

80. Sekularisme sudah mentok, dan org2 sekuler menyadarinya. Tp kaum #SekulerInlander gak peduli, semuanya ditabrak!

81. Sebelum saya tutup, saya ingin jelaskan lg bhw persoalan Bu Susi hanya studi kasus di kultwit ini. #SekulerInlander

82. Memang nyatanya hukum di negeri ini blm melarang rokok. Tp ada standar perilaku utk pejabat publik, meski tak tertulis. #SekulerInlander

83. Kalau kita menggunakan akal sehat, pasti menyadari aturan2 tak tertulis tsb. Baik yg sekuler maupun yg tdk. #SekulerInlander

84. Saya tdk mengatakan bahwa Bu Susi harus mundur krn alasan tsb. Bongkar-pasang kabinet blm tentu hal yg bagus. #SekulerInlander

85. Saya jg tdk mempertanyakan kecerdasan Bu Susi. Org yg bisa mengelola maskapai gak mungkin bodoh, kan? #SekulerInlander

86. Saya hny ingin katakan bhw banyak ortu yg berharap anak2 mrk bisa memiliki panutan yg baik. Itu saja. #SekulerInlander

87. Tapi kalau sdh #SekulerInlander, ya tdk ada lagi akal sehat. Nggak bisa diajak bicara baik2 lagi.

88. Apa pun dilakukan meski dgn pemikiran setengah matang; atau jgn2 nggak pake mikir dulu? :) #SekulerInlander

89. Semoga kita terhindar dari kejahilan yg demikian. Aamiin... #SekulerInlander

Related

Opini 3709002946234504059

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item