Mengatrol Minat Baca, RUMAN Bekali 25 Relawan Literasi Aceh Jaya

Banda Aceh – Menindaklanjuti pertemuan dengan Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman, Selasa (13/1) lalu tentang rencana peluncura...



Banda Aceh – Menindaklanjuti pertemuan dengan Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman, Selasa (13/1) lalu tentang rencana peluncuran kegiatan MIBARA (Minggu Baca Rame-rame) di semua Kecamatan daerah tersebut, Lembaga Pendidikan RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Aceh mengadakan pembekalan bagi 25 relawan literasi.

Hal itu diungkapkan Direktur RUMAN Ahmad Arif kepada Suara Darussalam, Selasa, (27/1).

Menurut Ahmad Arif, pembekalan itu dilaksanakan pada Rabu (20/1) kemarin di Pendopo Bupati Aceh Jaya. Hadir dalam kegiatan tersebut Fitri Maya Liza Azhar, istri Bupati Aceh Jaya sekaligus Ketua Bunda PAUD daerah tersebut. Adapun pembekalan itu sendiri diisi oleh Sekretaris RUMAN Aceh, Rizki Sopya S.Pd.

Masyarakat Indonesia, ungkap Rizki Sopya, mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama dalam mendapatkan informasi. Masyarakat lebih memilih menonton televisi (85,9 persen) dan atau mendengarkan radio (40,3 persen) daripada membaca koran (23,5 persen).

Menurut Riski Sopya, ada tiga faktor penyebab ironi tersebut. Pertama, orangtua yang tidak pernah mendekatkan diri dan keluarganya pada bacaan. Kedua, lingkungan yang tidak senang membaca. Ketiga, minimnya sosialisasi akan pentingnya membaca.

“Memang ada pustaka, namun sangat berorientasi proyek. Hal itu diperparah dengan sikap tidak ramah pengelola pustaka. Masyarakat sudah stress duluan sebelum ke pustaka”, tegas Riski Sopya.


Rumah Baca Cahaya Nanggroe
Kepada relawan MIBARA (Minggu Baca Rame-rame) Aceh Jaya yang akan diluncurkan pada 8 Feberuari 2015 di escape building Kota Calang, Riski Sopya berharap agar mampu segenap jiwa melayani dan setulus hati berbagi kepada pengunjung. Sebab, manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi yang lainnya.

Di akhir kegiatan, para relawan bersepakat membentuk Rumoh Baca Cahaya Nanggroe sebagai wadah mereka bertukar informasi, ide atau pengalaman yang dipimpin langsung oleh Ketua PKK Aceh Jaya dan berada dibawah bimbingan RUMAN Aceh yang berpusat di gampong Punge Blang Cut, kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. [Mus]

Related

PENDIDIKAN 2274445871960652347

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item