Pesantren Sulaimaniyah, Dayahnya Turki di Aceh

Sejak tahun 201 2, Pondok Pesantren Sulaimaniyah telah memberikan dukungan kepada anak-anak Indonesia yang berprestasi dan berkeingina...


Sejak tahun 2012, Pondok Pesantren Sulaimaniyah telah memberikan dukungan kepada anak-anak Indonesia yang berprestasi dan berkeinginan belajar di Pondok Pesantren Sulaimaniyah dengan menggunakan metode Turki Otsmani.

Anak-anak tersebut diasuh dengan baik dan mendapatkan fasilitas makan 3 (tiga) kali sehari, tempat tinggal, kesehatan, perlindungan, pendidikan Agama Islam, Menghafal Al-Qur`an Al-karim dan pendidikan bahasa asing yaitu bahasa Turki, bahasa Arab. Program ini dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat baik kalangan menengah ke bawah, menengah, ataupun menengah ke atas. Siswa yang mengikuti program ini diusahakan berakhlak baik, memiliki prestasi belajar yang baik, dan tidak terpengaruh oleh obat terlarang (narkoba) pula.

Para siswa akan dibimbing oleh para pembina yang keseluruhannya merupakan lulusan Pondok Pesantren Sulaimaniyah yang berada di Istanbul – Turki baik dia orang Indonesia atau orang Turki yang memiliki kualifikasi khusus yang bertanggung  jawab atas keseharian siswa dan memberikan  pelajaran  tambahan agar siswa dapat meningkatkan kemampuannya, “ ujar Ustaz Taceddin Ince, kordinator Pesantren Sulaimaniyah Wilayah Sumatera.

Menurut Taceddin yang merupakan warga Turki asli ini, pondok Pesantren Sulaimaniyah adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial keagamaan, bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengutamakan siswa berprestasi baik yang mampu maupun yang kurang mampu, sehingga mempunyai pola pikir dan keyakinan yang Islami di Era Globalisasi saat ini.
Tujuan utama didirikannya pesantren-pesantren ini adalah mencetak generasi muda yang berilmu dan bertaqwa sehingga selama siswa dalam asrama kami mengajarkan ilmu-ilmu agama diantaranya Alqur’an Al-karim, Fikih, Akhlak, Tauhid sesuai dengan Ahlu Sunnah wal-Jama’ah.
Telah Mengirim Banyak Santri Aceh ke Turki

Pesantren kami ini pertama kali dibuka pada tahun 2012, dan berkat sambutan dan dukungan yang positif dari masyarakat Indonesia, Alhamdulillah sampai saat ini yayasan kami yang berpusat di Banda Aceh sudahmemiliki 2 cabang di Aceh, yakni satu cabang di Blang Bintang dan satu cabang di Darussalam dengan kategori asrama SMP,  asrama Mahasiswa dan Pesantren Tahfidz.

Saat ini, kata Taceddin, pihaknya telah mengasramakan sekitar 200 siswa dengan memberikan fasilitas belajar yang mendukung dan memberikan akomodasi secara gratis. Fasilitas dan akomodasi yang diberikan kepada murid-murid selama di pesantren diantaranya makan 3x sehari, ruang belajar yang kondusif, komputer, kegiatan berdarma wisata dan pemberian besiswa belajar keluar negeri.

“Pada tahun 2007 ponpes Sulaimaniyah telah memberangkatkan 4 santri yang berprestasi ke Turki, kemudian pada tahun 2008 sebanyak 19 santri. Lalu pada tahun 2009 sebanyak 46 santri, pada tahun 2011 sebanyak 28 santri, pada tahun 2012 sebanyak 29 santri, pada tahun 2013 sebanyak 89 santri, pada tahun 2014 sebanyak 100 santri, dan pada tahun ini juga allhamdulillah Ponpes Sulaimaniyah telah memberangkatkan 100 santri untuk meneruskan pembelajaran mereka ke Turki, “ kata Taceddin menerangkan.
Taceddin menambahkan, hingga saat ini ustadz-ustadz lulusan dari Turki telah mencapai 100 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, kata Taceddin, maka Pondok Pesantren Sulaimaniyah mempunyai program kerja jangka pendek, menengah dan panjang.
1.      Program jangka pendek
-         Mendirikan Boarding School, sebagai asrama para siswa SMP dan SMA agar lebih efektif dalam pembinaan moral, kepribadian, kebudayaan yang tidak terlepas dari ajaran Islam sebagai dasar pembentukan sikap dan mental pada generasi yang tangguh di masa yang akan datang.
-         Ikut mensukseskan program pendidikan wajib belajar melalui :
-         Pendataan siswa berprestasi yang ingin belajar.
-         Dukungan finansial bagi para siswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu
-         Pembinaan pendidikan di luar jam sekolah
-         Memberikan motivasi kepada para siswa untuk dapat mandiri

2.     Program jangka menengah
-         Memperlancar kegiatan, yayasan berupa melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan
-         Mengadakan pertemuan secara periodic dengan orang tua siswa untuk mempererat tali silaturrahim dan mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa
-         Dalam waktu satu tahun murid dapat menghafal Al-Qur`an 30 juz dengan baik.

3.     Program jangka panjang
-         Mengusahakan Boarding School untuk tingkat perguruan tinggi
-         Mengusahakan lapangan kerja bagi alumni berprestasi
-         Menyediakan tenaga para medis untuk menjaga kesehatan
-         Mengusahakan mendirikan cabang Boarding School di seluruh provinsi dan kabupaten di wilayah RI.

Program Pendidikan Pesantren Sulaimaniyah
Pendidikan Agama Islam Intensif
Pondok Pesantren Sulaimaniyah memberikan pendidikan Agama Islam secara intensif, dimulai dari membaca Al-Qur’an hingga ilmu Agama Islam lainnya seperti Fiqih, Usul Fiqih, dan Ilmu Aqaid. Program dikemas dalam dua program pendidikan. Pertama diselenggarakan sebagai pesantren, yang berkonsentrasi pada pendidikan Agama Islam.
Kedua diselenggarakan sebagai asrama, yang memberikan pendidikan Agama Islam sebagai konsentrasi utama dan ilmu pengetahuan umum yang akan menunjang pendidikan peserta didiknya di sekolah formal. Program ini ditujukan kepada pelajar mulai dari tingkat SMP hingga Perguruan Tinggi.

Tahfizh Alqur’an
Pondok Pesantren sulaimaniyah memiliki program Tahfizh (menghafal) Al-Qur’an yang menggunakan metode penghafalan tradisional Kekhalifahan Turki Osmani yang sangat efektif dalam waktu singkat. Penghafalan Al-Qur’an dengan metode ini memakan waktu paling lama 1 tahun.
Pendidikan  Membaca Al-Qur’an
Pondok Pesantren Sulaimaniyah membuka program pendidkan membaca Al-Qur’an, dan pendidikan dasar Islam bagi semua kalangan dan umur.

Kegiatan Harian Santri Pesantren Sulaimaniyah
Ø Shalat Berjamaah
Kami selalu melaksanakan shalat berjamaah di dalam Pesantren ini. Selain itu, kami juga melaksanakan shalat-shalat sunnah seperti shalat Dhuha, shalat Tahajjud, shalat Tasbih dan lain-lain yang dilaksanakan secara munfarid.
Ø Belajar Agama
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin sampai Sabtu. Dalam melaksanakan kegiatan ini kami membagi murid-murid menjadi beberapa kelompok yaitu: KelompokTahfiz, Talim, TadrisBahasa Arab.
Ø Bertasbih
Kami selalu bangun pukul 04.00 setiap harinya. Setelah itu kami melakukan shalat tahajud lalu bertasbih sampai sebelum subuh. Kegiatan ini dilakukan per individu.
Ø Makanbersama
Untuk membantu murid-murid mengembalikan staminanya, kami juga melaksanakan kegiatan makan bersama 3 kali dalam sehari (pagi, siang dan malam). Semua biaya tersebut ditanggung oleh asrama.

Kegiatan Mingguan
Ø Belajar BahasaTurki
Bagi peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikannya di tempat kami, baik Ponpes Sulaimaniyah SMP/SMA/Mahasiswa yang memiliki potensi dan kemampuan lebih, kami akan memberangkatkan ke Turki untuk melanjutkan pendidikannya dan memperdalam ilmu agama Islam. Oleh karena itu, kami memberikan mereka pelajaran bahasa Turki agar mereka dapat memahami Bahasa Turki sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik disana. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Minggu.
Ø Belajar Fiqih
Memberikan materi pelajaran Ilmu Fiqih agar mereka dapat memahami tata cara beribadah kepada Allah SWT dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari senin sampai jumat.
v Sohbet (ceramah)
Untuk memperdalam pengetahuan tentang agama Islam dan untuk melatih kemampuan public speaking mereka, kami mengadakan sohbet (ceramah) yang disampaikan oleh Guru Pembimbing. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Minggu setelah Isya.

Kurikulum Pesantren Sulaimaniyah
Di Indonesia
Tingkatan Tahfidz:
Hafal Al-Qur’an 30 juz (Dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun)

Tingkatan Ibtida’i:
Ilmu Tajwid, Hafalan Hadits, Aqidah, Fiqih, Tasawuuf, Dasar-dasar Ilmu Sharf dan Nahwu, BahasaTurki, Bahasa Arab.

Kurikulum di Turki
Tingkatan Ihdhari:
Fiqih, Aqidah, Tarikh, Tasawwuf, Sharf, Nahwu, Hadits, Tafsir, IlmuMantiq, BahasaTurki.

Tingkatan Tahta Takamul:
Fiqih 4 Madzhab, Aqidah, Tarikh, Tasawwuf, Sharf, Nahwu, Hadits, Tafsir, IlmuMantiq, BahasaTurki, SastraBahasa Arab,

Tingkatan Takamul:

Usul Fiqih, Usul Hadits, Ilmu Faraidh, Hukum Islam, Syarhi Aqaid, Syarhi Mantiq, Tasawwuf.

[zulkhairi]


Related

PENDIDIKAN 3044448986381600485

Posting Komentar

emo-but-icon

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item