Video-Video Peringatan “Penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Alfatih” di Istanbul

Ilustrasi benteng tanggung Konstantinopel. Net Kesadaran bangsa Turki terhadap sejarah masa lalunya yang gemilang sepertinya terus me...

Ilustrasi benteng tanggung Konstantinopel. Net

Kesadaran bangsa Turki terhadap sejarah masa lalunya yang gemilang sepertinya terus membuncah. Tahun ini, tepatnya Ahad 29 Mei 2016 kemaren, “Penaklukan Konstantinopel” kembali diperingati di Istanbul. Konstantinopel hari ini dikenal dengan nama Istanbul, Turki. Dulunya berada di bawah kekuasaan Byzantium yang beragama Kristen Ortodoks. Tahun 857 H / 1453 M, kota dengan benteng legendaris tak tertembus akhirnya runtuh di tangan Sultan Muhammad al-Fatih, sultan ke-7 Turki Utsmani.

Seperti diketahui, penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Alfatih terjadi berdasarkan pesan-pesan Nubuwah. Nabi Muhammad Saw bersabda “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

Dari Abu Qubail berkata: Ketika kita sedang bersama Abdullah bin Amr bin al-Ash, dia ditanya: Kota manakah yang akan dibuka terlebih dahulu; Konstantinopel atau Rumiyah? Abdullah meminta kotak dengan lingkaran-lingkaran miliknya. Kemudian dia mengeluarkan kitab. Abdullah berkata: Ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau ditanya: Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Konstantinopel atau Rumiyah? Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.” Yaitu: Konstantinopel. (HR. Ahmad, ad-Darimi, Ibnu Abi Syaibah dan al-Hakim).

Berikut beberapa videonya dari Youtube: 









Related

Turki 7259936524977847383

Posting Komentar

emo-but-icon

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Laman

Adv

item