Pesan Tgk. H. Nuruzzahri Kepada Para Penuntut Ilmu

Tgk H Nuruzzahri (Waled Nu) Berikut pesan Tgk. H. Nuruzzahri kepada para penuntut ilmu yang dicatat dan ditulis Tgk Abdul Hamid M. ...


Tgk H Nuruzzahri (Waled Nu)

Berikut pesan Tgk. H. Nuruzzahri kepada para penuntut ilmu yang dicatat dan ditulis Tgk Abdul Hamid M. Djamil di akun Facebook miliknya.

Para ulama zaman dahulu, baik yang hidup pada masa salaf maupun khalaf tidak mengenal pemisahan ilmu pengetahuan.  Mereka belajar ilmu agama juga menggali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia. Sehingga lahirlah ulama yang mahir dalam ilmu umum seperti Al-Khawarizmi (850 H) yang terkenal sebagai Bapak Aljabar, Al-Farabi (950 H) pakar logika yang sangat dihormati.

Begitu juga Ibnu Sinan Al-Batani (929 H) sebagai penemu di bidang matematika dan astronomi, atau Ibnu Sina (1037 H) yang karya-karya kedokterannya sampai hari ini masih dianggap valid, atau Ibn Khaldun yang hari ini dikenal sebagai bapak Ilmu Sosial yang tak terdandingi.

Demikian juga ulama-ulama di Aceh juga mahir ilmu herbal seperti Teungku H. Muhammad Thayeb Umar.. Teungku Muhammad Yamin pakar ilmu perbintangan. Teungku H. Muhammad Ali Teupin Raya pakar ilmu Falak, Teungku Muhammad Isa Simpang Mulieng pakar ilmu Falak. Teungku Muhammad Amien Reubee pakar ilmu Matematika (faraiz).

Teungku Chik Kuta Karang yang pakar ilmu pengobatan, Teungku Chik Pante Kulu mahir di bidang sastra, Teungku Chik di Tiro panglima perang melawan kafir Belanda, Syekh Abdurrauf Singkil alias Teungku syiah Kuala ulama yang pertama menulis tafsir al-Qur’an lengkap di kawasan Asia Tenggara.


sumber: FB Abdul Hamid M Djamil

Related

Pilihan 1041036358099264101

Posting Komentar

emo-but-icon

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Laman

Adv

item