Hafal 30 Juz, 30 Santri Aceh Dapat Beasiswa Full ke Turki

Wisuda santri Pesantren Sulaimaniyah Turki di Aceh, Kamis (28/7). Foto: Istimewa Banda Aceh – Sebanyak 30 santri Aceh yang belajar d...

Wisuda santri Pesantren Sulaimaniyah Turki di Aceh, Kamis (28/7). Foto: Istimewa

Banda Aceh – Sebanyak 30 santri Aceh yang belajar di Pesantren Sulaimaniyah Turki di Kuta Baro, Aceh Besar tahun ini berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz Alqur’an. Atas keberhasilan ini, mereka mendapatkan beasiswa full untuk belajar di pesantren Sulaimaniyah di negara Turki.

Hal itu dinyatakan Taceddin Ince, koordinator lima pesantren Sulaimaniyah Turki di Sumatera saat wisuda santri pesantren tersebut di Aula Kanwil Kementerian Agama Prov. Aceh, Banda Aceh, Kamis lalu, (28/7).

“Selama di Turki nanti, mereka akan diajarkan bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman melalui kitab-kitab yang relevan, dan juga bahasa Turki. Di sana mereka diberikan beasiswa full sebagaimana saat mereka belajar di pesantren Sulaimaniyah Aceh, ” ujar Taceddin yang merupakan warga Turki asli ini.

Tacedddin menambahkan, tahun ini santri Aceh yang lulus beasiswa full ke Turki lebih banyak dari dua tahun sebelumnya. Tahun 2014 lulus sebanyak Sembilan orang, tahun 2015 lulus sebanyak 11 orang, dan tahun 2016 lulus meningkat tajam menjadi sebanyak 30 orang.

“Ini lulusan terbanyak mengingat kuota beasiswa dari seluruh Indonesia tahun ini adalah sebanyak 150 orang, “ katanya lagi menjelaskan.

Taceddin yang sudah mahir berbicara dalam bahasa Indonesia ini menjelaskan, sebanyak 24 Pesantren Sulaimaniyah Turki di Indonesia berada di bawah yayasan UICCI (United Islamic Cultural Centre of Indonesia) atau Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2005.

Dijelaskan Taceddin, sejak awal beroperasi, yayasan ini telah bekerjasama secara resmi dengan Kementerian Agama Republika Indonesia. Tiga di antaranyna pesantren berada di Aceh. Sementara di Turki sendiri, kata Taceddin, pesantren Sulaimaniyah ini memiliki sebanyak 4000 Pondok Pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Turki.

Wisuda santri pesantren Sulaimaniyah Turki di Kanwil Kemenag Prov. Aceh dihadiri seratusan undangan, santri dan para wali murid. Sementara itu, Saifuddin yang mewakili Kepala Kanwil Kemenag Prov. Aceh dalam acara wisuda ini juga ikut memberikan kata sambutan yang memberikan apresiasi atas eksistensi pesantren Sulaimaniyah Turki di Aceh dalam mendidik putra-putri Aceh menjadi generasi yang mencintai Alqur’an. Zul


Related

Pilihan 8194313093265666600

Posting Komentar

emo-but-icon

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Laman

Adv

item