Mantan Walikota Sabang, Aceh: Rasa-Rasa Turki Itu Seperti Negara Sendiri

Banda Aceh – Bermacam respon dukungan ditunjukkan masyarakat Aceh kepada negara Turki yang baru saja menghadapi gejolak politik akibat ...


Banda Aceh – Bermacam respon dukungan ditunjukkan masyarakat Aceh kepada negara Turki yang baru saja menghadapi gejolak politik akibat kudeta kelompok pemberontak.

Meskipun tidak secara langsung merespon persolan kudeta Turki, Munawar Liza Zainal, mantan Walikota Sabang Provinsi Aceh di akun Facebooknya menulis ungkapan yang sangat emosional terhadap Turki, Kamis (21/7). Sebuah ungkapan solidaritas atas gejolak politik Turki, sekaligus mengenang romantisme hubungan Aceh-Turki masa lalu dimana Sultan Aceh dalam suratnya kepada Sulan Turki menyebut Aceh sebagai bagian dari Kekhalifahan Turki Usmani yang agung. Baca: Surat Sultan Aceh

Berikut ungkapan Munawar Liza Zainal:

“Saya pernah tinggal di beberapa negara, bergaul dengan penduduknya, mengikuti perkembangan politik setempat, bahkan sedikit paham bahasanya. Namun tidak ada satu negara pun yang saya rasa seperti negara saya sendiri.
Tidak seperti Turki. Saya kurang mengikuti politiknya, tidak banyak teman dari sana, bahkan belum pernah berkunjung ke sana. Hanya suka membaca sejarahnya saja dari dulu sampai sekarang.
Tetapi setiap nama Turki disebut, di mana saja dan kapan saja, perasaan hati, rasa-rasa Turki itu seperti negara sendiri. Tidak terasa, senang dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Turki. Masyarakatnya, sejarahnya, alam dan keindahannya, budayanya dan makanannya.
Sepertinya ikatan batin itu bukan hal yang baru. Mungkin telah tertanam sejak lama. Wallahu a'lam.[TZ]


Related

Turki 5251564738735283483

Posting Komentar

emo-but-icon

Terkini

Adv

Facebook Kami

10 Paling Populer

Total Tayangan Halaman

Adv

item